Live shopping menjadi gebrakan baru dalam dunia bisnis online, yang membawa pengalaman berbelanja lebih hidup dan interaktif. Melalui platform live streaming, penjual memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan, memberikan penjelasan produk secara real-time dan menjawab pertanyaan secara langsung.
Adanya berbagai fitur baru ini memberikan peluang emas bagi bisnis. Tidak hanya memasarkan produknya secara efektif tetapi juga membangun koneksi yang lebih erat dengan konsumen. Strategi sukses live shopping ini bisa kamu gunakan agar bisnis semakin cuan!
Interaksi dengan Pelangganmu
Dengan live shopping, kamu bisa langsung berinteraksi dengan pelangganmu. Kamu bisa memaparkan berbagi informasi produk, memberikan demo secara langsung, dan menjawab pertanyaan pelanggan secara real-time.
Dengan begitu, akan tercipta sebuah interaksi dengan pelanggan dan mereka akan semakin betah untuk melihat live streaming yang kamu lakukan. Semakin ramai penontonnya, maka ini bisa menjadi kunci untuk meningkatkan penjualan dan membangun hubungan yang erat dengan konsumenmu.
Berikan Penawaran Khusus dan Diskon
Manfaatkan live shopping untuk memberikan penawaran eksklusif dan diskon langsung kepada pengikutmu. Adanya diskon saat live shopping bisa menjadi daya tarik untuk mendorong mereka berbelanja selama sesi live shopping berlangsung.
Promosikan Produk Terbaru dan Best Seller
Gunakan live shopping untuk mempromosikan produk terbaru atau best seller. Berikan informasi yang detail tentang keunggulan produk, dan tunjukkan bagaimana produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan atau masalah pelanggan.
Dengan live shopping, kamu dapat memberikan penjelasan yang lebih mendalam dibandingkan dengan deskripsi produk yang ditulis di halaman e-commerce. Kamu juga bisa lho untuk menampilkan produk yang jarang dibeli dengan stock melimpah di gudang agar cepat terjual. Namun, pastikan kemas dengan baik informasi yang akan kamu berikan agar produk tersebut bisa menarik dimata konsumen.
Kolaborasi dengan Influencer
Ajak influencer untuk menjadi pembawa acara pada live shopping yang kamu lakukan. Kolaborasi semacam ini dapat meningkatkan daya tarik dan membantu menjangkau target pasar yang lebih luas. Keberadaan influencer dapat membawa reputasi yang baik dan kepercayaan dari konsumen.
Para influencer tersebut bisa menyampaikan testimoni setelah menggunakan produk, keunggulan, hingga banyak yang tertarik untuk membeli produk yang sedang ditawarkan.
Manfaatkan Sosial Media
Pastikan live shopping-mu terhubung dengan platform media sosial yang relevan. Jika target pasar adalah anak muda, kamu bisa menghubungkannya ke platform Instagram maupun Tiktok.
Bagikan pengumuman tentang live shopping di berbagai platform sosial media dan undang followers-mu untuk berpartisipasi. Dengan menggunakan sosial media untuk menyebarkan informasi adanya live shopping selain aplikasi e-commerce yang digunakan, dapat meningkatkan jumlah penonton dan potensi pelangganmu.
Pelayanan Pelanggan yang Real-Time
Manfaatkan live shopping sebagai kesempatan untuk memberikan pelayanan pelanggan yang real-time. Jawab pertanyaan pelanggan dengan cepat, tanggapi masukan dari pelanggan, dan berikan bantuan jika terjadi sesuatu.
Ketika toko yang dikunjungi oleh pelanggan bisa responsif, maka kepercayaan pelanggan akan meningkat dan bisa menjadi pengalaman belanja yang positif bagi pelangganmu.